Senin, 29 April 2013

SOLVING GLOBAL WARMING, DO SOMETHING !!


Global warming sedang terjadi pada kehidupan kita, namun hal itu dapat di atasi atau dikurangi dampaknya dengan berbagai cara. Berikut ini diuraikan beberapa cara mengatasi dan mencegah keberlanjutan global warming.

Yang pertama adalah mengenai transportasi yang kita gunakan. Sebaiknya kita menggunakan transportasi yang yang tidak banyak berpengaruh negatif terhadap lingkungan, seperti bersepeda dan jalan kaki, selain bebas polusi, dapat juga menyehatkan tulang kita. Selain itu sebaiknya menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta agar mengurangi banyaknya kendaraan yang ada di jalan yang berarti menimbulkan polusi yang lebih banyak. Menggunakan mobil ramah lingkungan seperti mobil dengan tenaga surya pun bisa jadi alternatif untuk mengurangi produksi gas – gas polutan. Selain itu sebaiknya tidak menggunakan pesawat terbang untuk bepergian, karena selain biaya yang mahal juga penghasil polutan di udara.

Menggunakan sumber daya yang disediakan oleh alam, yaitu tenaga angin untuk menggerakkan kincir – kincir air untuk menghasilkan listrik juga merupakan alternatif yang baik untuk menghemat energi.

Di rumah, kita bisa menerapkan beberapa cara untuk mencegah global warming berkapanjangan, yaitu dengan mengganti bohlam lampu warna kuning dengan bohlam lampu hemat energi yang berwarna putih atau berisi neon. Mengurangi penggunaan alat – alat listrik yang bisa digantikan dengan alat – alat lain yang bisa digunakan tanpa listrik. Seperti mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di bawah terik matahari, tidak menggunakan pengering pada mesin cuci, begitu pun dengan pencucinnya, sebaiknya dicuci secara manual tidak menggunakan mesin cuci. Tidak menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan, tetapi lebih baik memperbanyak ventilasi yang ada di rumah agar terjadi sirkulasi udara segar. Dan mematikan seluruh peralatan listrik yang sudah tidak digunakan, seperti mematikan lampu jika ruangan ditinggalkan atau tidak dipakai.

Belilah bahan makan yang segar langsung dari petani, karena lebih sehat tanpa pengawet dan juga membantu perekonomian petani lokal. Jangan membeli buah dan sayuran beku. Karena buah dan sayuran beku di dapat dari penyimpanannya di dalam lemari pendingin. Dimana lemari pendingin tersebut mengandung gas CFC yang merupakan penyebab utama menipisnya lapisan ozon.

Sebaiknya mengikuti saran pemerintah untuk melakukan KB, yaitu cukup memiliki 2 orang anak saja. Jika semakin banyak mempunyai anak, itu artinya semakin banyak pula penduduk yang ada di bumi ini. Dan itu berarti semakin banyak sampah yang dihasilkan oleh manusia di bumi. Gunakan kertas daur ulang untuk mengurangi perambahan hutan sebagai bahan baku pembuatan kertas. Jika hutan semakin berkurang maka kesejukan di bumi ini juga berkurang, produksi oksigen pun juga berkurang. Gunakan tas belanja yang terbuat dari kain yang bisa digunakan berulang kali. Jangan menggunakan tas plastik sebagai tas belanja, karena akan memperbanyak sampah plastik yang ada, mengingat sampah plastik tidak bisa diuraikan oleh tanah, dan dapat mencemari tanah.


Berhenti atau kurangilah mengkonsumsi daging sapi. Dengan banyak mengkonsumsi daging sapi, artinya dibuthkan banyak sapi yang harus dipelihara, padahal sapi mengandung gas polutan yaitu gas metana dari dalam tubuhnya.

Menanam pohon adalah saran yang paling dianjurkan bahkan diwajibkan untuk mengurangi dampak global warming. Pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen untuk kita hirup. Semakin banyak pohon yang kita tanam semakin banyak oksigen yang diproduksi untuk kita.

Jadilah penggerak aksi lingkungan. Ajak teman, saudara dan semua orang untuk mulai mengurangi dampak global warming. Ajaklah mereka untuk mulai secara nyata penanggulangan global warming. Dengan berbagai kampanye lingkungan hidup, setidaknya mereka tahu dan sadar untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk bumi ini kedepan. Namun kita harus tahu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak global warming, agar yang kita ajak tidak salah dalam bertindak.

Hemat energi, baik energi listrik atau energi apapun yang kita gunakan. Gunakanlah alat – alat yang hemat energi, karena hal ini dapat juga menghemat pengeluaran kita.

Tidak ada komentar: