Rabu, 02 April 2014

Jangan terlihat bodoh di hadapan orang yang sama pintar dengan kita



Seperti yang banyak diatakan oleh para guru kepada muridnya, bahwa tidak ada orang bodoh yang ada hanya orang malas, sehingga ia jadi tidak pintar. Kalau boleh menambahkan, bukan saja malas, tapi juga karena kurangnya pengalaman. Dan mungkin juga kurangnya pengalaman itu karena seseorang malas menambah pengalamannya. Sebenarnya pintar itu relatif, tidak patokan yang jelas mengenai tingkat kepandaian seseorang. Karena hampir semua orang pintar di dunia ini hanya pintar di bidangnya masing-masing. Sebagai contoh, seorang guru di sebuah sekolah. Bukankah seorang guru itu kita pandang sebagai salah seorang yang pintar atau pandai? Tapi ketika kita tanyakan sesuatu yang bukan pada bidangnya, apakah guru tersebut bisa menjawabnya? Mungkin bisa, tapi kebanyakan tidak.

Lalu bagaimana kita bisa terlihat bodoh di depan orang yang sebenarnya sama pintar dengan kita? Ini hanya masalah pengalaman saja. Mungkin di kelas, kita sama pintar tapi untuk pengalaman tertentu kita kalah. Contoh, ketika kita sedang berkumpul dengan teman-teman kita, ngobrol, dan mungkin juga bercanda. Dalam obrolan itu ada satu obrolan yang teman-teman mengetahui semua, tetapi kita sendiri tidak mengetahui. Misal bicara mengenai gadget terbaru dan fitur-fiturnya, atau istilah-istilah baru pada kehidupan sekarang ini. Saat itu teman-teman kita sangat asyik dan nyambung sekali membahas hal itu kita bahkan sama sekali tak mengerti. Hal ini tak akan membuat kita menjadi bodoh ketika kita tidak langsung menanyakannya saat itu juga. Memang tidak salah ketika ada sesuatu yang kita tidak tahu lalu kita bertanya. Tapi menanyakan sesuatu yang sudah memasyarakat atau sudah biasa di masyarakat atau bisa saya bilang hal itu umum semua orang tahu tapi kita tidak tahu, rasanya agak memalukan. Apalagi saat pertanyaan itu diucapkan bukan jawaban yang kita terima tapi senyum atau bahkan tertawa dari teman-teman kita. Bagaimana perasaan kalian? Sekali lagi ini masalah pengalaman. Mungkin memang kita yang kurang update atau memang sama sekali tidak mengerti.
Hal itu bisa membuat kita merasa bodoh saat itu. Tapi ada cara yang bisa kita terapkan ketika kita menghadapi situasi seperti itu. Mudah saja, ketika kita tidak mengetahui sesuatu yang kebanyakan orang sudah tahu, jangalah langsung menanyakan hal itu. Tapi ikutilah obrolan itu sampai tuntas. Telaah dan cari tahu artinya perlahan. Mungkin saat itu bukan hanya kita yang tidak mengetahui maksud dari hal yang sedang dibicarakan. Mungkin ada orang lain yang juga sama seperti kita dan ia menanyakannya. Inilah kesempatan kita untuk mengetahui maksud dari hal yang tidak kita ketahui tersebut tanpa terlihat bodoh. Ketika ada yang bertanya, simak jawaban tersebut, dan jadikan informasi. Maksudnya, ketika ada obrolan yang sama di tempat dan waktu sertaa orang-orang yang berbeda, kita sudah bisa mengikuti obrolan tersebut tanpa ada ganjalan. Dan yang pasti tidak terlihat bodoh J
Tulisan ini hanya sedikit cerita, pengalaman, dan tips yang mungkin bagi pembaca hal ini tidak penting. Tapi sebagai penulis, harapannya tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat. Semoga hari Anda selalu menyenangkan apapun keadaannya.

Tidak ada komentar: