Jumat, 12 Februari 2016

Perjalanan Singkat ke Gunung Api Purba



Gunungkidul memang salah satu kota di DIY yang memiliki banyak tempat menarik, terutama wisata alamnya. Salah satunya adalah Gunung Api Purba. Gunung dengan bebatuan yang berukuran besar ini memiliki ketinggian 700 mdpl, berada di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Ini pengalaman saya yang pertamakali berkunjung ke Gunung Api Purba. Dengan menggunakan sepeda motor dari Kota Salatiga kami menuju lokasinya. Dari kejauhan sudah tampak gunung dengan bebatuan besar yang gagah. Sampai di lokasi kami disambut oleh para pengelola yang mengarahkan kami untuk parkir di tempat yang telah disediakan. Tiket masuk kawasan wisata alam ini seharga 7.000 rupiah per orang. Setelah membayar tiket masuk, kami langsung saja memulai pendakian.


Memasuki kawasan ini memang menakjubkan, apalagi ini pengalaman pertama. Sepanjang perjalanan hanya bebatuan besar disekeliling kami. Di setiap bukit batu yang kami lewati, kami dapat melihat pemandangan Jogjakarta dari ketinggian. Tempat wisata ini cukup bersih karena memang banyak tempat sampah yang disediakan oleh pengelola. Juga rambu-rambu peringatan untuk selalu menjaga kebersihan .

Kebetulan saat itu perjalanan kami menuju puncak gunung api purba ditemi rintik gerimis, jadi medan yang kami lalui agak licin. Dalam melewati jalur tersebut, pengelola menyediakan tangga sederhana dari kayu juga tali tambang untuk membantu memudahkan pengunjung memanjat bebatuan yang berukuran sangat besar tersebut.

Beberapa tumbuhan dan hewan yang tidak biasa kami jumpai di di sekitar rumah kami, kami jumpai di Gunung Api Purba ini. tapi kami hanya bisa melihat dan mengambil gambarnya, karena mereka akan lebih indah jika hidup di alamnya. Jadi jangan petik-petik yaa… :)
Binatang yang belum pernah saya jumpai sebelumnya.
Salah satu bunga yang tumbuh di Gn. Api Purba


 Menjelang puncak, terdapat penjual yang menyediakan minuman dan camilan bagi pengunjung yang lupa tidak bekal. Di warung itu kita bisa istirahat sambil ngopi atau ngeteh. Setelah beristirahat cukup untuk minum, perjalanan kami lanjutkan. Sudah dekat dengan puncak. Dari puncak tersebut kami bisa melihat Embung Nglanggeran yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Api Purba. Juga pemandangan yang luar bisa. Hijau semua. Segar dan adem.

Tampak Embung Nglanggeran dari puncak Gn. Api Purba



Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Gunung Api Purba atau gunung manapun atau tempat lainnya, jangan lupa untuk selalu membawa kembali sampah kita. Jadilah wisatawan yang baik dengan menjaga lingkungan tetap bersih.



Tidak ada komentar: